Penyedia barang

Artikel

Staf Online

    Marketing

    Liantono     Lina

    Lisan         Lisa

    Samsidar

    Service

    Imam       Raju

ANALISA BISNIS WARNET


Sekarang ini banyak orang yang sedang mencari peluang bisnis dibidang warnet, cuman masalahnya banyak yang kurang mengerti mengenai perhitungan untung ruginya. Dengan hanya bermodalkan tempat yang sudah ada dan beberapa unit komputer, banyak yang langsung terjun ke bisnis ini tanpa menganalisa terlebih dahulu. Setelah berjalan, katakanlah 1-2 tahun biasanya warnet ini akan tutup atau dioperkan ke orang lain yang akan mencoba lagi keberuntungannya.
Berikut ini, kita akan coba menghitung lebih detail tentang bisnis ini.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan/diperhatikan oleh seseorang sebelum memulai usaha warnet. Antara lain :

1.Lokasi/tempat
Apakah tempat kita membuka warnet termasuk tempat yang strategis ? Perkiraan pengunjung yang datang nantinya kira-2 berapa orang per hari ? Ini akan menentukan jumlah pc yang harus disediakan nantinya. Semakin banyak pc yang tersedia tentunya semakin menguntungkan kita, dengan catatan harus ada yang datang bermain. Ada saat-saat tertentu, warnet kita ramai, dan terjadi antrian, tapi kadang-2 dari semua pc yang kita sediakan, hanya terisi 1-2 orang saja.

2.Spec Komputer

Di daerah sekitar kita, apakah sudah ada warnet ? Bagaimana spec komputernya ? Ini akan menentukan spec komputer yang kita gunakan nantinya. Jika daerah kita belum ada warnet, dan katakanlah, daerah kita agak berada di pinggiran, kita bisa berhemat dengan menggunakan spec komputer yang lebih rendah. Bayangkan juga bila kita berada di pusat kota, dengan banyak warnet yang memakai computer dengan spec tinggi, dengan lcd wide screen. Tentunya kita juga harus menyesuaikan warnet kita dengan warnet saingan kita.
Satu hal lagi, spec komputer untuk browsing /chatting saja tidak perlu tinggi-2 amat, lain halnya kalo warnet kita mau dijadikan game center, dengan aneka games tinggi dan online.

3.Harga jual dan jam operasional

Bermain di warnet, biasanya dihitung dengan biaya per jam. Tetapi ada juga yang membuat paket, misalnya paket 1 minggu berapa atau ada juga yang paket bulanan. Hal ini tergantung dari situasi kondisi di lapangan dan juga permintaan dari pelanggan. Di pasaran biasanya harga bermain di warnet sekitar Rp. 2500 s/d rp. 5000,-/jam. Untuk tempat2 yang elit, bisa saja mencapai Rp. 10 ribu per jam atau lebih.
Semakin panjang jam buka warnet kita, tentunya semakin banyak omset yang kita. Tetapi ini juga akan membuat biaya operasional kita menjadi lebih mahal, karena kita harus membayar lebih untuk biaya listrik dan gaji karyawan.

4.Dikelola secara professional atau sistem kekeluargan ?
Ini salah satu poin penting juga, karena selama ini, mungkin kita tidak pernah menghitung biaya sewa gedung, karena dianggap toh punya sendiri. Hal ini sebenarnya harus kita hitung, walaupun tempatnya gratis. Karena kalau tidak kita hitung, kita tidak tahu dengan pasti apakah bisnis kita ini layak diteruskan atau tidak. Kalo misalnya tempat yang akan kita gunakan ini, tidak digunakan untuk warnet, tentunya bisa disewakan ke orang lain, dan ini akan memberikan penghasilan bagi kita. Mungkin saja nanti setelah dihitung-2 dengan analisa yang akan diberikan dibawah, lebih untung menyewakan tempat kita daripada kita sendiri yang buka warnet.
Poin lainnya adalah tenaga kerja, banyak usaha warnet yang dijaga oleh pemiliknya langsung atau mungkin juga adik atau kakak atau family dari ownernya. Dan biasanya mereka tidak mengambil gaji, tetapi hanya mengambil keuntungan dari warnet. Seharusnya walaupun yang jaga adalah saudara kita atau kita sendiri sebagai owner, kita juga harus mengambil gaji seperti kalo kita menggaji orang.

5.Penyusutan computer dan gedung.
Ini adalah poin terpenting dalam bisnis warnet. Rata-rata warnet kecil dibuat tanpa menghitung penyusutan computer. Jadi perhitungan mereka simple saja, dalam 1 bulan dapat omset dari warnet misalnya 10 juta, trus dipotong gaji karyawan, listrik, biaya internet, dan lain sebagainya katakanlah total 6 juta, maka keuntungan mereka perbulan adalah 10 juta – 6 juta = 4 juta. Dalam setahun 12 bulan x 4 juta = 48 juta. Bisnis yang lumayan bukan ?
Seharusnya keuntungan 4 juta itu, harus dipotong dulu dengan yang namanya penyusutan komputer. Biasanya kita hitung, satu unit komputer itu dinolkan (dianggap tidak bernilai lagi) dalam waktu 3 tahun. Jadi kalo harga 1 unit komputer 3 juta, maka biaya penyusutan per bulan adalah : Rp 3 juta / (3 tahun x 12 bulan) = Rp. 83.333. Kalo kita ada 10 unit komputer, maka kalikan saja dengan 10 unit, berarti perbulan kita harus susutkan Rp. 833.333,- Uang ini nantinya kita pisahkan dan kita buat tabungan sendiri.
Untuk sewa gedung juga harus dibuat penyusutannya, supaya di tahun depannya, kita sudah ada dana untuk menyambung sewa gedung tersebut. Tidak lucu kalo misalnya setiap tahun, kita harus keluar modal lagi untuk sewa gedung ataupun upgrade PC.


Ok, sekarang coba kita buat analisanya dalam angka-angka supaya lebih mudah dimengerti.

1.Investasi awal :

1.Sewa gedung, asumsi rp. 10 juta per tahun
2.PC untuk warnet 10 pc, asumsi Rp. 3.500.000 /unit
3.PC untuk server 1 pc, asumsi Rp. 5.000.000 / unit
4.Biaya pembuatan perabot , asumsi rp. 5.000.000
5.Biaya instalasi jaringan, switch dan kabel, asumsi Rp. 2.000.000,-
6.Investasi lainnya, misalnya AC, line tel, listrik, cat ulang ruangan, asumsi Rp. 5.0000.000,-

Total Rp. 62.000.000,-

2.Biaya operasional :

1.Biaya koneksi internet, asumsi memakai speedy, Rp. 1.750.000 / bln.
2.Biaya gaji pegawai, asumsi 2 orang x Rp. 800.000, total Rp. 1.600.000 / bln
3.Biaya listrik dan tel, asumsi Rp. 1.000.000 / bln
4.Biaya lainnya (cadangan), Rp. 500.000 / bln
5.Biaya penyusutan,

*untuk gedung Rp. 10.000.000 / 12 bln = Rp. 833.333 / bln
*untuk pc dan server Rp. 38.500.000 / 36 bln = Rp. 1.069.000 / bln
*untuk lainnya, kita juga asumsi susut dalam 36 bln,

biaya perabot, ac, instalasi, dll Rp. 12.000.000/36 bln = Rp. 333.333 / bln
Total biaya penyusutan Rp. 2.235.000 / bln
Total biaya operasional + penyusutan = Rp. 7.085.000,-

3.Omset Pendapatan
Dengan jumlah 10 komputer, dan jam buka 12 jam (jam 10 pagi s/d 10 malam), kemudian harga jual Rp. 3000 / jam. Maka maksimal keuntungan yang bisa kita dapat adalah
10 pc x 12 jam x Rp.3000 = Rp. 360.000 / hari.
Tapi ini adalah tidak mungkin, kita harus kalikan dengan tingkat kepadatan pengunjung yang datang. Biasanya kita asumsikan dengan nilai 50%, dalam arti rata-2 yang main setiap saat hanya setengah dari kapasitas warnet kita saja.
Maka keuntungan perhari adalah Rp. 360.000 x 50% = Rp. 180.000.
Untuk satu bulan, kita kali kan dengan 30 hari = Rp. 5.400.000,-


Dengan perhitungan diatas, maka usaha warnet kita tadi adalah rugi Rp. 5.400.000 – Rp. 7.0785.000 = Rp. 1.685.000 / bulan.
Sorry, bukan untuk mengecilkan semangat dalam usaha membuat warnet, tetapi ini adalah sekedar ilustrasi supaya kita lebih cermat dalam hitung-2an sehingga investasi yang kita tanam tidak sia-sia.


Ada beberapa poin yang bisa kita rubah supaya usaha warnet kita bisa untung, misalnya :

*Biaya koneksi internet dicari yang lebih murah, misalnya memakai paket office speedy, Rp. 750.000 / bulan. Ini bisa menghemat biaya internet kita sehingga rp. 1 juta /bulan. Atau bisa juga dengan mencari alternative radio link yang banyak dijual oleh pihak ketiga, diluar ISP resmi.
*Meningkatkan jumlah komputer, memperpanjang jam buka, meningkatkan tingkat kedatangan customer dengan membuat paket-2 yang menarik, mis paket main 5 jam, paket happy hour pada jam-2 sepi.
*Buat usaha tambahan selain warnet,misalnya dengan menyediakan penjualan minuman dan makanan ringan, sehingga ada omset tambahan.
*Menyediakan printer untuk bisa mencetak, biasanya dihitung per lembar.
*Menyediakan jasa download, jasa copy cd/dvd, penjualan accessories komputer, pulsa telepon, dan lainnya sepanjang tidak menggangu usaha warnet dan tidak memakan banyak tempat.


Semoga bermanfaat.


Download

Comment

Tulis komentar anda

replay

  • Submitted By: reynard
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:47:07

Ac sih seharusnya tidak jadi masalah, kan bisa pakai kipas angin. Kalo genset memang relatif, kalo tempatnya sering mati lampu, sepertinya genset justru lebih wajib. Dengan uang 5 juta, seharusnya genset sudah terbeli, tergantung yang berapa dayanya. Kawan baru beli 1 genset disel kapasitas 5000 watt, sekitar 7 jutaan. kabar baiknya lagi, harga genset bakal drop banyak ditahun 2010 menyusul diberlakukannya AFTA. Kalo sabar tunggu 1-2 bulan lagi pasti turun.

cara prktis

  • Submitted By: jamesirpan
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:44:28

aku baru buka warnet duit ya tinggal 5 jt lagi blm ac,blm gengset.gmana jalan keluar ya ?

siap bekerjasama dalam pendirian warnet

  • Submitted By: andi
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:49:28

saya andi diindramayu, saya memiliki keinginan untuk bisa membuka warnet di daerah indramayu, tapi terkedala modal, tapi setidaknya saya mengetahui sedikit banyak tentang warnet.karena beberapa teman saya telah membuka warnet, bahkan satu teman sering berkonsultasi kepada saya untuk pengembangan warnet.saya memiliki proposal usaha warnet berikut dengan analisis usahanya yang insya allah sangat prospek dan menguntungkan.yang saya jual disini adalah kejujuran, tanggung jawab, dan profesionalitas dalam mengelola warnet nantinya. dan saya akan mengusahakan agar pemodal bisa BEP / balik modal dalam waktu setahunan saja.sebagai bentuk keseriusan saya, apabila diperlukan saya siap bila diminta untuk menginvestasikan juga dana dalam bentuk uang, tapi tentunya dalam kemampuan saya dalam mengupayakannya.bisa menghubungi saya via email dide_romeo81@yahoo.comterimakasihhormat saya,andi di indramayu.0878 2130 2525 andi

-

  • Submitted By: Boytra
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:50:46

Nica bos.. infonya...!! kebetulan nih.. gw lagi mau coba buka usaha warnet.. Info yg membantu sekali :lol:

warnet q

  • Submitted By: riosetiawan
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:53:07

emang enak ngitung duitnya doang bos, setelah di teliti wah g jauh kaya kerja di pabrik! yah enaknya kg ada yang atur2 sih. gw saranin buka usaha kalo bisa hindari dari utang bank. y kalo bisa modal pribadi.... coz kg enak di kejar2 utang. wah bikin pucinggggg. sobat gitu aj deh info dari gw. thank's

kerja sama

  • Submitted By: adit
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:54:20

saya adit dari LOmbok tengah NTB saya cuman punya modal dikit...penegen sekali bangun warnet secepatnya ..karena didahuluioleh orang yang banyak modalnya...soalnay disini internet lagi berbunga ....

warnet di bandung

  • Submitted By: hadi
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:55:31

Saya ingin buka warnet di bandung, di rumah orang tua... Mohon info, apakah buka warnet TIDAK memerlukan izin dari yang berwenang ? Kalau memang harus ada izin: 1. tolong kasih tahu donk izin apa aja yang mesti dipenuhi; 2. Kemana mesti ngurusnya 3. Berapa biayanya. Tks - hadi

masalah izin

  • Submitted By: reynard
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:56:39

Izin warnet memang agak rancu, kalo untuk warnet yang berada tidak dipusat kota, mungkin izin-2 boleh diabaikan. Tapi kalo daerah tersebut agak rawan (dalam arti sering ada isu razia dari polisi, pamong praja, dll)sebaiknya memang disiapkan izin-2 yang diperlukan. Mungkin secara garis besar izin-2 yang biasanya diperlukan : 1. Izin untuk usaha (SIUP, NPWP, SITU, TDP), biasanya dari pihak Deperindag. 2. Izin khusus warnet (izin keramaian)dari Deparpostel, karena warnet dianggap semacama hiburan juga. 3. Lisensi software, ini masalahnya agak rumit, kalo mau sesuai peraturan, berarti semua windows, antivirus, office, games, dll yang terinstaal di komputer harus yang legal, bukan bajakan. Kalo harga resminya mungkin untuk software saja,bisa-2 melebihi biaya komputer itu sendiri. Kalo skrg sih masih ada promo untuk lisensinya. Bisa lihat-2 di http://www.warnetlegos.com/Saran saya sih, tanya kawan atau warnet disekitar tempat yang akan kita buka, apakah mereka ada ngurus izin atau tidak. Kalo daerah tersebut tidak ada yang pakai izin, abaikan saja

-

  • Submitted By: adrian akbar
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:57:57

:cheer: :) thank's bangt bos... mudah2an usaha si bos lancar2 ajah... thank's yaaa

info menarik

  • Submitted By: iswady
  • Submitted Date: 2011-05-21 22:59:12

Terus terang awalnya saya juga hanya menghitung kasar seperti tadi. Tapi kalau plus biaya penyusutan kayaknya saya rugi.


Web Hosting

Orderan  

Belum ada produk yang dibeli.

Ongkos Kirim RP.0
Total RP.0

Orderan Selesai

LiveZilla Live Help

Cek Status Pengiriman

subscribe

    Daftarkan email Anda untuk mendapatkan pricelist terbaru

    @

User Online

User Online: 15
Today Accessed: 944
Total Accessed: 133289
Your IP: 54.196.196.72